Search This Blog

Tuesday, October 2, 2018

Anthonius Gunawan Pahlawan ATC Dunia - Gempa Palu Sulawesi Tengah

Segenap Manajemen dan Staff Purnama Academy (CV. Purnama Adikarya) mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas kejadian Gempa dan Bencana Tsunami yang terjadi di Palu dan Dongala Sulawesi Tengah, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran.

Di dalam bencana yang terjadi, selalu ada kisah duka dan haru di balik peristiwa tersebut. Salah satunya adalah Antonius Gunawan Agung, seorang Air Traffic Controller (ATC) AirNav Indonesia cabang Palu. Ketika gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala dan getarannya terasa hingga ke Palu, ia tengah bertugas di Bandara Mutiara Sis Al Jufri pada Jumat (28/9).

Saat itu, Antonius tengah memandu agar pesawat Batik Air rute Palu-Makassar bisa lepas landas. Padahal, saat itu ia sudah diteriaki agar segera meninggalkan gedung bandara. 

"Safe flight. Take care," demikian ujar Antonius kepada Kapten Ricosetta Mafella yang menerbangkan Batik Air rute Palu-Makassar pada Jumat sore kemarin.

Yang terjadi kemudian, salah satu tower ATC ambruk akibat tak sanggup menahan kuatnya getaran gempa. Antonius tewas akibat salah satu tower ATC ambruk
Informasi yang dicuit pengamat penerbangan Gerry Soejatman menyebut Antonius terpaksa melompat dari salah satu tower usai memandu pesawat terakhir, Batik Air. Ia pun mengalami luka yang cukup parah dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Sayang, nyawanya tidak tertolong.

quote by: Purnama Academy - IT Training Center 






No comments:

Post a Comment