Search This Blog

Friday, October 5, 2018

Tips dan Cara Menghindari HOAX

Beberapa tahun terakhir informasi atau berita semakin mudah kita dapatkan. Perkembangan dunia IT menjadikan informasi lebih mudah diakses dan penyebarannya sangat cepat.

Jika dulunya kita hanya bisa mendapatkan informasi dari koran, radio atau pun TV namun sekarang penyebarannya semakin tidak terbendung. Kapan dan dimana pun, berita bisa dengan mudahnya kita dapatkan.
Namun, hal ini juga harus menjadi perhatian penuh bagi setiap orang. Mengapa???

Karena cepatnya penyebaran informasi atau pun berita menjadikan kita tidak mem-filter berita yang masuk padahal banyak berita – berita palsu atau yang kita kenal dengan HOAX.


Ya, benar Hoax memang menjadi masalah besar bagi Indonesia saat ini, karena ketidakdewasaan dalam berbagi informasi dan kurangnya pengetahuan tentang IT menjadikan Hoax bertebaran dimana – mana menciptakan keresahan, kegaduhan, pertikaian dan banyak lagi masaalah lainnya.

Berikut ini Tim Purnama Academy akan berbagi tips dan cara bijak untuk mengetahui dan menghindari Hoax.

Silahkan disimak berikut ini:

1. Cek Narasumber
Yang langkah pertama dan paling penting adalah cek sumber beritanya. Jika kamu mendapat berita tersebut dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Line atau Whatsapp cobalah untuk mencari sumber beritanya.

Jika tidak ada di internet berita dengan topik demikian, sudah bisa dikatakan berita itu adalah Hoax.
Terkadang berita Hoax hanya memiliki keterangan "dari grup sebelah" tanpa menyebutkan sumbernya.
Sebelum kamu yakin dengan sumber berita, jangan mencoba untuk menyebarkan

2. Antisipasi Judul Berita yang Provokatif
Judul yang provokatif mengundang rasa penasaran yang tinggi sehingga membuat orang – orang tergiur untuk membaca.
Hal ini dimanfaatkan oleh penulis artikel website untuk meningkatkan kunjungan atau tanggapan pengguna internet padahal belum tentu berita itu benar.
Untuk menghindari hoax sejenis ini, kamu diharapkan membaca berita yang sama dari sumber yang lain.

3. Baca Secara Menyeluruh
Diharapkan setiap berita yang didapat supaya dibaca menyeluruh. Kebiasaan banyak orang adalah hanya membaca judul atau headline tanpa membaca keseluruhan. Kemudian mempercayainya dan membagikannya.
Tips: jangan langsung percaya dari judul berita yang kamu baca tanpa mengetahui terlebih dahulu kebenaran dan sumber pastinya.

4. Jangan Terlalu Percaya pada Foto dan Video yang Kamu Lihat
Biasanya kita langsung percaya dengan foto dan video yang kita lihat. Padahal bisa jadi foto atau video tersebut adalah editan.
Meskipun sangat meyakinkan, jangan terlalu mudah percaya pada foto atau video yang dibagikan melalui media sosial.
Karena sekarang ini foto dan video editan bisa tidak bisa dibedakan lagi dengan foto atau video aslinya oleh orang awam karena keahlian para tukang edit. Jadi bisa jadi foto atau video yang kamu lihat adalah Hoax

5. Cari dan Bandingkan dengan Sumber Lain
Nah, jika kamu membaca sebuah berita dari sebuah sumber namun kamu kurang percaya dengan kebenaran berita itu, sebaiknya kamu membaca berita yang sama dari sumber yang lain.
Selanjutnya kamu bandingkan, di mana menurutmu berita yang lebih valid dan terpercaya.

6. Jangan Buru – Buru Membagikan Berita
Di era media sosial sekarang, banyak orang cenderung ingin menjadi sumber pertama yang menyebarkan berita.
Kebiasaan ini membuat kita tidak berpikir panjang dalam membagikan berita, padahal belum tentu berita itu benar.
Sebelum memutuskan untuk membagikan berita, pastikan dulu kebenarannya

7. Kritis dan Cuek
Bersikap kritis ketika mendapatkan sebuah berita akan menjadi perlindungan yang efektif untuk Kamu terhindar dari berita Hoax.

Cerdaslah dalam menyaring informasi mana yang berguna dan mana informasi yang tidak membawa manfaat untuk anda.
Terkadang bersikap sedikit cuek dalam menyikapi sebuah informasi yang kita terima bisa membuat kita berfikir lebih rasional.

Kenapa? karena kadang kita tidak bisa bersikap objektif terhadap sesuatu yang kita suka. Misal kita dapat berita A yang isinya sesuai dengan apa yang kita suka jadi kita percaya, padahal belum tentu berita tersebut benar. Begitu juga sebaliknya.

Kesimpulan:
Berita hoax sangat berbahaya dan juga merugikan bagi kita semua. Jadi sebaiknya berhati hati dalam mempercayai sebuah berita.
Jangan mau diadu domba dan dipecah bela oleh pihak yang hanya ingin mengambil keuntungan semata
Demikian tips dan cara mengetahui dan menghindari Hoax, semoga kita lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial dan teknologi informasi saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Quote by: PURNAMA ACADEMY - IT TRAINING CENTER


PURNAMA ACADEMY


No comments:

Post a Comment